Referensi Wisata Halal Dunia
Blog Destinasi Informasi Travel

Referensi Wisata Halal Dunia

Referensi Wisata Halal Dunia – Berlibur ke luar negeri menjadi kesempatan yang sangat diidam-idamkan oleh semua orang. Banyak persiapan yang harus dipertimbangkan ketika akan liburan ke luar negeri. Tidak hanya barang-barang yang perlu untuk dipersiapkan, liburan ke luar negeri juga membuat pelakunya memikirkan kemudahan dalam mendapatkan santapan yang nikmat. Bagi umat muslim, mereka harus benar-benar mencari negara tujuan wisata yang menawarkan makanan halal agar dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan kudapan selama liburan. Jika mereka beruntung, tidak hanya makanan halal yang akan didapatkan tetapi juga fasilitas tempat ibadah yang ditawarkan oleh lokasi wisata dunia.

Jepang yang dikenal sebagai negara sakura merupakan salah satu tujuan wisata halal yang dapat dipilih oleh kaum muslim. Karena muslim Jepang merupakan golongan yang minoritas, wisatawan akan merasa kesulitan untuk menemukan tempat ibadah. Tapi jangan khawatir, Jepang kini membidik turis asal Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Kini tempat ibadah untuk umat muslim tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Bandara Narita menjadi salah satu tempat yang menyediakan lokasi untuk beribadah umat muslim. Tokyo bahkan mendirikan masjid di pusat kota dan dapat digunakan oleh wisatawan untuk beribadah. Di beberapa restoran yang ada di Jepang juga telah bersertifikat halal. Umat muslim tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan halal di Jepang. Di bawah ini merupakan wisata halal dunia lainnya yang dapat dikunjungi oleh umat muslim:

a. Malaysia menjadi negara yang menawarkan wisata halal bagi pengunjung. Negara yang bersebelahan dengan Indonesia ini menyajikan makanan halal dan fasilitas ibadah kepada para wisatawan yang datang berlibur ke Malaysia. Sama halnya di Indonesia, wisatawan yang datang ke Malaysia tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat ibadah dan menu makanan halal.

b. Negara yang menawarkan wisata halal dunia lainnya adalah Maroko. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat bagi wisatawan yang tertarik berlibur ke Maroko. Ketika berlibur, wisatawan akan merasakan suasana yang kental akan sentuhan Islam. Di Maroko, ada banyak masjid yang didesain dengan tampilan unik. Masjib berbentuk kotak yang dilengkapi dengan ukiran cantik khas Maroko menjadi pemandangan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Lokasi wisata padang pasir Sahara menjadi salah satu lokasi wisata populer yang ada di Maroko.

c. Menjadi negara yang banyak didatangi oleh wisatawan muslim, Thailand mulai membenahi diri dengan mengembangkan wisata halal. Salah satu upaya yang pemerintah Thailand lakukan adalah dengan membangun hotel Al Meroz yang merupakan hotel bintang 5. Hotel ini menjadi tempat penginapan yang digemari oleh wisatawan muslim dunia. Makanan halal tidak akan sulit untuk ditemukan. Thailand memiliki sekitar 160.000 produk makanan yang telah mendapatkan label halal selama 15 tahun. Dengan banyaknya produk makanan halal, Thailand patut menjadi referensi wisata halal dunia.

Wisata halal juga dapat dilakukan di Turki. Menjadi negara yang penduduknya memeluk agama Islam, tak mengherankan jika negara ini masuk ke dalam referensi wisata halal dunia. Negara ini bahkan menerapkan standar pelayanan TSE atau Turkey Standards Institution bagi wisatawan yang datang ke Turki. Dengan standar inilah, setiap hotel yang ada di Turki harus mematuhi beberapa peraturan yang diberlakukan guna mendapatkan sertifikat halal berupa larangan menyediakan minuman berakohol, kesediaan restoran halal dan tempat ibadah. Kini, ada sekitar 50 hotel halal yang berada di Turki. Izmir, Ankara dan Istanbul menjadi tempat wisata halal yang ada di Turki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top